Jumat, 19 April 2013

Chapter 7 : Karya Ilmiah (Tugas Psikologi)

MANUSIA DAN TEKNOLOGI DI MASA DEPAN

BAB 1
PENDAHULUAN
Teknologi dibangun untuk memudah kan pekerjaan manusia ,teknologi juga lah yang membuat kehidupan manusia lebih baik dan bisa melakukan hal hal yang sebelumnya mustahil dilakukan menjadi bisa dilakukan,seperti manusia yang bisa terbang dan menginjakkan kakinya di bulan. Kemajuan teknologi di dunia ini juga semakin berkembang pesat. Coba kita bayangkan bagaimana bisa sekumpulan manusia terbang diudara menggunakan sebuah alat yang berbobot sangat berat tanpa adanya teknologi. Berarti teknologi memang sudah sangat berperan penting dalam segala penciptaan peralatan untuk membantu aktivitas manusia dibumi ini. Tetapi, teknologi di dunia ini tidak akan berhenti lebih berkembang dan maju.Disini saya akan coba membahas teknologi apa saja yang akan terjadi di masa depan yang bisa membantu dan bermanfaat bagi manusia juga bisa menjadi solusi alternatif kehidupan manusia di masa yang akan datang.


BAB 2
ISI
Banyak teknologi yang dimasa depan akan sangat membantu dan memperbaiki taraf kehidupan manusia menjadi lebih baik.Apa sajakah ?
1.Global Electronic Library
Sebuah Perpustakaan Elektronik global yang akan menggabungkan semua pengetahuan yang tersedia di planet ini - semua buku, majalah, buletin, jurnal, surat kabar, halaman web, kata yang diucapkan, dan banyak lagi yang berasal dari seluruh dunia dan dikumpul menjadi satu sehingga akan menjadi sumber daya yang dicari dan tersedia untuk semua orang di planet ini. sehingga manusia tidak perlu repot-repot untuk pergi ke perpustakaan demi membaca buku.
Hari ini, mesin pencari internet seperti Google dan perangkat lunak pencarian desktop seperti dtSearch adalah pelopor search engine. Namun ,bahkan Google, tidak memiliki teknologi untuk memahami maksud dari pencari, misalnya, analisis dasar dari sebuah string karakter teks.
Sebuah mesin pencari yang lebih maju seperti Perpustakaan Elektronik Global akan beroperasi melalui query suara dan mampu mengambil hasil dianggap relevan dengan kepentingan pengguna tertentu. Seorang ahli gizi yang mencari "pizza," misalnya, kemungkinan akan tertarik pada sesuatu yang sangat berbeda dari mahasiswa lapar memasuki permintaan pencarian yang sama.
Bahkan sebagai pencarian untuk kemajuan personalisasi, ada juga pertanyaan yang jauh lebih besar tentang pengetahuan atau konten yang tersedia yang akan dicari. Google hanya mencari internet, dan sementara yang mungkin merupakan jumlah yang signifikan informasi, itu hanyalah sebagian kecil dari total pengetahuan yang tersedia di planet ini. Apa yang dibutuhkan untuk mengangkat peradaban kita adalah Perpustakaan Elektronik global.
Tentu saja, Perpustakaan Elektronik Global itu harus tersedia dalam banyak bahasa yang berbeda juga, sehingga warga dunia bisa melihat konten terlepas dari negara asal mereka. Perpustakaan Elektronik global harus dibarengi dengan teknologi pencarian canggih sehingga orang dapat menemukan informasi yang mereka inginkan.
2.Robot
Robot menawarkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas hidup manusia  di mana-mana  Industri robotika sudah banyak muncul sekarang, dan mempunyai potensi kemajuan yang bagus. Pemimpin dunia dalam robotika adalah Jepang, yang telah banyak berinvestasi dalam robot sosial - robot yang berinteraksi dengan orang-orang.
Di negara Amerika Serikat,robot difokuskan untuk membunuh orang. Sebagian besar penelitian di bidang robotik di AS dijamin oleh kepentingan militer. Awalnya Pentagon(markas besar militer Amerika Serikat) ingin mengembangkan Terminator: seorang tentara robot yang dapat mencapai tujuan politik atau militer tanpa mengakibatkan jatuhnya korban manusia.
Ada juga Robot sosial ,yaitu robot yang diciptakan untuk membantu pekerjaan di dalam kehidupan sehari-hari dan bisa berinteraksi dengan banyak orang.Seperti AIBO, robot anjing lucu Jepang,yang dimiliki oleh lebih dari lima puluh ribu orang. AIBO menawarkan interaksi dasar dengan manusia seperti wajah dan pengenalan suara, gerakan lucu yang tampak, dan navigasi lingkungan sederhana (dapat berjalan-jalan).Di AS,ada robot “Roomba”yaitu robot rumah tangga (dikembangkan oleh seorang peneliti Rusia)menyapu lantai sampai ratusan ribu rumah.
Pada tingkat berikutnya, dalam hal meningkatkan kualitas hidup manusia, adalah robot yang bisa menjadi sahabat. Apakah Anda orang tua dari anak tunggal? Sebuah robot hewan atau anak robot bisa mengajarkan anak Anda banyak hal tentang interaksi sosial, seperti tanggung jawab, persahabatan, dan bahkan membantu anak mempelajari mata pelajaran akademis seperti matematika, membaca, sejarah, sastra dan ilmu pengetahuan.
Apakah Anda seorang pensiunan yang kesepian? Sebuah robot pendamping bisa memberikan momen untuk hidup Anda melalui percakapan, permainan, aktivitas fisik, dan pembinaan.
robot tidak akan berdebat, tidak akan mengkhianati Anda, tidak akan menceraikanmu, tidak akan mati, tidak akan jatuh tertidur ketika Anda ingin berbicara, dan mereka bahkan tidak akan makan makanan favorit dari kulkas Anda.
Teknologi ini (Robot) terus bergerak maju.insinyur robotika akan dapat memberikan robot pendamping yang melakukan jauh lebih dari pekerjaan rumah tangga dan mereka benar-benar akan menambah makna dalam hidup kita.
3.High Portable Power (Sumber Daya Portabel)
Tampaknya tidak peduli seberapa canggih komputer notebook yang kita punya, baterai tetap terhenti: 2-3 jam dari kebanyakan model, terlepas dari harga.
Ini bukan berarti bahwa produsen baterai tidak mencoba untuk mengembangkan sesuatu yang lebih baik: upaya untuk meningkatkan kapasitas baterai dan kepadatan daya telah berlangsung selama bertahun-tahun. Teknologi baterai saat ini sudah usang. Bahan kimia sangat berbahaya bagi lingkungan (Nickel Cadmium-, misalnya, terbuat dari dua logam berat yang beracun bagi hampir semua bentuk kehidupan di planet ini), berbahaya bagi pengguna terdekat (resiko ledakan), berat (standar mobil baterai dapat mencapai berat 70 + pon) dan tidak bisa diandalkan. Mereka menagih perlahan, dan mengganggu tegangan output, dan ukurannya menjadi faktor pembatas utama ketika merancang elektronik portabel seperti kamera digital.
 Jelas, dunia membutuhkan sebuah terobosan dalam daya portabel. Tapi apa ini harus dilakukan dengan semangat kemanusiaan dan meningkatkan kualitas kolektif hidup kita? Sumber Daya portabel adalah teknologi yang menjanjikan untuk memperbaiki hidup kita dan planet kita.
Dan Sumber Daya Portabel bisa diaplikasikan seperti di:
Komputer :baterai yang lebih kecil akan membuat komputer dapat dipakai lebih nyaman dan menyenangkan. Satu sumber daya seukuran kotak korek api mungkin bisa membuat daya komputer dipakai selama satu hari.
Perangkat medis: Hambatan perangkat medis sangat bergantung pada peningkatan kepadatan kekuatan baterai., industri medis akan mendapat manfaat besar dari sebuah terobosan dalam densitas daya dan portabilitas.
Eksplorasi ruang angkasa: Keterbatasan daya portabel sangat penting ketika eksplorasi ruang angkasa. Persyaratan baterai membentuk lingkup seluruh misi. Faktor utama yang membatasi kehidupan dan utilitas dari 2004 Mars rovers, misalnya, adalah baterai.
 Dengan bantuan sistem tenaga lebih tinggi, eksplorasi ruang angkasa akan menjadi lompatan ke depan dan merilis kemungkinan baru yang spektakuler dalam kendaraan penginderaan jauh dan misi berawak.

4.E-Book (Electronic Book)

Kita bisa bayangkan,berapa ton kertas dan berapa banyak pohon harus ditebang di seluruh dunia jika kita semua harus membeli,koran,majalh,novel,buku pelajaran,buku tulis,kertas faks,sampai tisu toilet.Tentunya penebangan pohon diikuti dengan perilaku manusia yang melakukan penebangan pohon secara sembarangan sehingga menimbulkan bencana alam yang merugikan orang banyak seperti banjir bandang dan tanah longsor
Buku elektronik yang lebih dikenal dengan e-book memberi kontribusi sangat berarti pada kelangsungan hidup manusia .E-book didownload dari internet,dengan e-book kita bisa membaca di perangkat canggih seperti smartphone,laptop,ipad,tablet dan banyak lagi.Walupun dewasa ini,teknologi e-book sudah dirasakan manusia tetapi masih dalam jumlah terbatas,sehingga tidak semua buku bisa dibaca manusia.Sehingga diharapkan di masa depan teknologi e-book menjadi maksimal.Dan juga dengan teknologi ini,produksi kertas dapat ditekan,sehingga kita tidak perlu menebang banyak pohon lagi.

5.Brain Computer Interface
Pindah ke tingkat berikutnya ,kemampuan untuk mengontrol komputer Anda dengan pikiran Anda sendiri tampaknya menjadi tujuan yang jelas. Teknologi ini disebut Brain Computer Interface teknologi, atau BCI.
Ide awalnya , komputer dikendalikan untuk sementara waktu, pada tahun 2004 dengan pengumuman bahwa saraf-sensing sirkuit ditanamkan di otak monyet, sehingga memungkinkan untuk mengontrol lengan robot dengan hanya berpikir.Para peneliti utama dalam percobaan monyet kini terlibat dalam usaha komersial untuk mengembangkan teknologi untuk digunakan pada manusia. Perusahaan, Cyberkinetics Inc berharap untuk suatu hari nanti menanamkan sirkuit dalam otak manusia cacat, maka memungkinkan orang-orang untuk mengontrol lengan robot, kursi roda, komputer atau perangkat lain melalui tidak lebih dari perilaku otak.
Bayangkan aplikasi yang dikontrol otak secara langsung. Orang-orang bisa dengan mudah memanipulasi kursor pada layar atau mengontrol perangkat elektromekanis. Mereka bisa langsung mengaplikasikan perangkat lunak, memasukkan teks pada keyboard virtual, atau bahkan mengemudi kendaraan di jalan umum.
 Hari ini, semua tugas ini dilakukan oleh otak kita,sehingga anggota tubuh kita bergerak, tetapi anggota badan, secara teknis, tidak harus menjadi bagian dari rantai komando.




BAB 3
KESIMPULAN
Tentunya ,di masa depan akan lebih banyak lagi teknologi yang akan membantu manusia di dalam kehidupannya.Solusi dari masalah yang ada di dunia ini juga bisa dipecahkan dari teknologi yang diciptakan manusia juga. Seperti penggunaan electronic book yang bisa mengurangi penebangan pohon yang ada di seluruh dunia ,penggunaan sumber daya yang ramah lingkungan dan hemat tempat sehingga menjadi praktis/portable bisa dibawa kemana saja. Tetapi kita juga sebagai manusia,sebaiknya manusia yang bijak teknologi.Maksudnya,kita tidak terlalu bergantung pada teknologi ,karena sesuatu yang berlebihan ,akibatnya menjadi buruk seperti manusia menjadi malas ,manusia bisa terkena radiasi dari pengguna teknologi yang terus menerus.Manusia harus sadar bahwa teknologi yang terbaik adalah manusia.Seperti robot,mungkin bisa melakukan semua pekerjaan manusia tetapi dalam hal kualitas pekerjaan yang dilakukan manusia tentunya hasilnya lebih maksimal daripada hasil pekerjaan yang dilakukan oleh robot.Salah satu batasan itulah yang harus dimengerti manusia ,agar manusia tidak terlalu tergantung pada teknologi.”TECHNOLOGY IS GOOD,BUT HUMANITY IS BETTER”.

SUMBER REFERENSI




0 komentar:

Posting Komentar