Kamis, 28 Maret 2013

Chapter 5 (Hasil Survey Saya)


LAPORAN HASIL SURVEY : dewasa atau belum ?
             mengukur kedewasaan seseorang melalui pertanyaan pertanyaan umum

1.Statistik survey :
Sample: Mahasiswa Teknologi Informasi USU
responder : 34 orang
laki-laki: 23 orang
perempuan : 11 orang

2.ANALISA HASIL SURVEY

Pertanyaan Pertama
A.65 % (22 orang) menjawab "iya,meskipun kadang-kadang".
sebenarnya wajar jika seseorang menonton film kartun,karena rata-rata film kartun itu lucu.karena film/sinetron sekarang lebih condong ke arah yang serius dibanding kan cerita kartun.
dan respon mahasiswa ti yang masih dalam tahap yang wajar ,karena mereka hanya menonton kartun dalam tahap "kadang-kadang" saja bukan memilih jawaban "iya,masih sering".
B.24% (8 orang) menjawab “iya ,masih sering”
Ini tidak baik,karena dengan menonton kartun dengan tingkat “sering” maka mereka yang masih menonton kartun bisa saja meniru tingkah laku dari karakter kartun
C.12% (4 orang) menjawab “tidak”
Ini juga tidak baik,karena seperti yang dikatakan di atas .film kartun bisa ditonton tapi jangan terlalu sering atau tidak .Karena orang yang cenderung tidak menonton film kartun bisa saja mengalami depresi dalam kehidupannya karena tidak ada tayangan yang bisa menghibur mereka

Berdasarkan respon mahasiswa teknologi informasi yang menjawab pertanyaan pertama bahwa mereka masih menonton kartun hanya kadang-kadang saja diatas 50% ,ini menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa teknologi informasi memiliki ciri-ciri orang dewasa.



Pertanyaan Kedua





Analisis
A.65% (21 orang) menjawab "tidak".
Orang yang gampang marah dan mudah tersinggung kemudian membalasnya adalah salah satu ciri-ciri orang tersebut belum dewasa (childish).
B.38%(13 orang) menjawab “iya”
Berarti masih ada ,mahasiswa yang membalas ejekan temannya jika dia merasa diejek.

berdasarkan respon mahasiswa  teknologi informasi yang menjawab  pertanyaan ini ,bahwa mereka tidak akan membalas ketika diejek temannya dengan respon diatas 50 % ,ini membuktikan bahwa rata-rata mahasiswa teknologi informasi memiliki ciri-ciri orang dewasa

Pertanyaan Ketiga




Analisis
A.76%(26 orang) menjawab "ya".
Rasa egoisme yang sangat tinggi adalah salah satu ciri-ciri orang tersebut belum dewasa.kita masih ingat sewaktu kecil,ketika kita mempunyai makanan maka kita tidaka akan membagi makanan kepada orang lain.


B.24%(8 orang) menjawab “tidak”
Seperti yang dikatakan rasa egoism adalah ciri orang yang belum dewasa,akan tetapi menurut survey masih ada mahasiswa yang memiliki rasa egoisme ,yang tidak mau berbagi dengan temannya

berdasarkan respon anak teknologi informasi yang menjawab pertanyaan ini,bahwa mereka mau membagi makanannya kepada temannya di atas 50% ,ini membuktikan bahwa rata-rata mahasiswa teknologi informasi memiliki ciri-ciri orang dewasa.

Pertanyaan Keempat




Analisis
A.88% (30 orang) menjawab "tidak".
Orang yang pendendam juga ciri -ciri orang tersebut belum dewasa ,karena ketika dia dendam dengan seseorang maka dia akan membalaskan perbuatannya kpd org tsb
B.12% (4 orang) menjawab “ya”
Sebaiknya,hendaklah kita memaafkan kesalahan orang lain,karena lebih gampang mencari musuh daripada teman.jika kita dendam kepada semua orang,kepada siapa lagi kita akan berbicara di kampus ?

berdasarkan respon anak teknologi informasi yang menjawab "tidak" bahwa mereka bukan orang yang pendendam  diatas 50%,ini membuktikan bahwa rata-rata mahasiswa teknologi informasi memiliki ciri ciri orang dewasa

Pertanyaan Kelima




Analisis
A.82% (28 orang) menjawab "iya".
Orang yang berani mengakui kesalahan adalah ciri dari orang yang sudah dewasa ,meskipun mengakui kesalahan itu sangat berat,tapi itu mengajarkan seseorang menjadi bijaksana.
B.18% (6 orang) menjawab “tidak”
Sifat ini tidak baik,sifat ini  mencerminkan seseorang adalah orang yang penakut,dan selalu merasa benar.Dia hanya mencari kesalahan orang lain,padahal dia sendiri tidak mau mengakui kesalahannya sendiri.

berdasarkan respon anak teknologi informasi yang menjawab "iya" bahwa mereka orang yang mau mengakui kesalahannya diatas 50% ,ini membuktikan bahwa rata-rata mahasiswa teknologi informasi memiliki ciri ciri orang dewasa.

Pertanyaan Keenam





Analisis
A.68% (23 orang) menjawab "sudah" .
Orang yang sudah memikirkan masa depan juga ciri orang dewasa. berarti orang tersebut sudah mempunyai pendirian,sehingga ada hal/misi  yang ingin dicapainya.


B.32%(11 orang) menjawab “belum”
 Jika kita belum memikirkan masa depan ,maka tujuan hidup selanjutnya juga menjadi abstrak.

berdasarkan respon anak teknologi informasi yang menjawab"sudah" bahwa mereka adalah orang yang sudah memikirkan masa depannya  diatas 50% ,ini membuktikan bahwa rata-rata mahasiswa teknologi informasi memilki ciri ciri orang dewasa

3.Testimoni (Pernyataan/komentar)

       Semakin bertambahnya usia seseorang, sifat kekanak-kanakan sudah seharusnya hilang dan berubah menjadi kedewasaan. Namun, sifat kekanak-kanakan ini terkadang masih saja melekat pada pribadi seseorang walaupun usianya sudah terbilang tua. Sifat kekanak-kanakan ini terkadang bisa membuat orang-orang disekitar Anda merasa risih dan juga sebal dengan kelakuan Anda. Sifat kekanak-kanakan sangat wajar jika dimiliki orang anak kecil atau seseorang yang masih diusia belia dan remaja. Namun, jika sifat kekanak-kanakan ini masih melekat hingga usia yang sudah mapan akan sangat terlihat aneh.
         Untuk menjadi seorang yang dewasa dan melepaskan sifat kekanak-kanakan tidaklah semudah yang dibayangkan. Kita diharuskan untuk menghadapi pengalaman hidup yang manis dan pahit yang dapat memahat sifat kedewasaan kita dan menghilangkan sifat kekanak-kanakan kita. Yang perlu diingat adalah menjadi dewasa bukanlah perkara umur yang tua, melainkan sifat dan pribadi kita yang mencerminkan apakah kita dewasa atau masih kekanakan.
        Survey ini mengaplikasikan ciri-ciri orang dewasa  kedalam setiap pertanyaan .Sehingga hasil dari survey ini menyatakan ,bahwa dari 34 mahasiswa jurusan teknologi informasi ,87% (30 0rang) diantaranya membuktikan mereka sudah menjadi orang dewasa.Ini dibuktikan dengan hasil analisa bahwa,setiap satu orang  memiliki 5 bahkan 6 ciri-ciri orang dewasa ,yaitu 1.tidak mementingkan diri sendiri,2.Tidak mudah marah dan tersinggung,3.Mau memaafkan kesalahan orang lain (tidak pendendam),4.Mau mengakui kesalahnnya,5.Memiliki pendirian (merencanakan masa depan)



0 komentar:

Posting Komentar